Upacara 17 Agustus 2021 Memperingati Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia (Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh)

Spread the love

Selasa, 17 Agustus 2021 Indonesia mengadakan Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia dengan Tema Indonesia Tangguh Indonesia Tumbuh. Upacara tersebut dilaksanakan secara virtual atau daring dikarenakan masih dalam suasana pandemic covid-19. SMP Negeri 1 Pagak juga mengadakan apel peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia. Anggota apel dibagi menjadi dua bagian. Sebagian bapak/ibu guru dan karyawan melakukan apel secara luring di halaman sekolah SMPN 1 Pagak. Apel dilakukan dengan tetap mematuhi protokol kesehatan seperti mengecek suhu dan cuci tangan sebelum memasuki kawasan sekolah, memakai masker selama acara berlangsung, dan tetap menjaga jarak. Sedangkan sebagian guru, karyawan, dan seluruh peserta didik melakukan Apel Peringatan Hari Kemerdekaan ke-76 Republik Indonesia secara virtual melalui channel youtube dengan cara mengakses laman https://youtu.be/96vhNW5I0A

Kegiatan apel virtual ini dipimpin langsung oleh Bapak Davit Harijono selaku Kepala Sekolah SMPN 1 Pagak. Apel virtual ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air dan nasionalisme pada keluarga besar SMP Negeri 1 Pagak. Meskipun masih dalam masa pandemi covid-19 tidak menghalangi untuk tetap mengikuti detik-detik proklamasi dengan menundukkan kepala, mengheningkan cipta sejenak. Selain itu saat upaca pengibaran bendera seluruh bapak/ibu guru, tata usaha, karyawan, dan siswa-siswi tetap mengikuti hormat kepada sang merah-putih sebagai wujud menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur demi memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia.

Gambar Apel Peringatan HUTRI ke-76 di Lapangan SMPN 1 Pagak

Apel virtual dilaksanakan pada pukul 07.00 WIB melalui chanel yotube resmi SMP Negeri 1 Pagak yang dibagikan oleh wali kelas kepada siswa-siswi. Selanjutnya siswa-siswi juga mengirimkan foto kepada wali kelas menggunakan seragam putih-biru dengan posisi hormat kepada bendera merah-putih sebagai bukti bahwa telah mengikuti apel upacara kemerdekaan Republik Indonesia. Selain itu siswa-siswi juga diberi tugas mencatat teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan dikirim kepada guru mata pelajaran PPKN.

Gambar salah satu bukti siswa penghormatan kepada Bendera Merah Putih

Upacara tidak berakhir hanya sampai di situ saja. Seluruh bapak/ibu guru, tata usaha, karyawan pada sore hari pukul 16.30 WIB mengikuti kegiatan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih melalui alamat www.rumahdigitalindonesia.id dengan berpakaian KORPRI lengkap beserta atribut. Kemudian mengirim foto dokumentasi kegiatan saat penghormatan kepada bendera merah putih. Kegiatan Upacara Penurunan Bendera Merah Putih dilaksanakan berdasarkan Surat Sekretaris Daerah Kabupaten Malang, Nomor: 003.1/6508/35.071.301/2021 di lingkungan Dinas Pendidikan Kabupaten Malang. Pada surat tersebut menyebutkan bahwa wilayah Kecamatan Pagak dijadwalkan mengikuti Upacara Penurunan Bendera Merah Putih pada pukul 16.30 WIB. Acara berlangsung pada rumah masing-masing dan lancar.

Gambar bapak/ibu guru mengikuti Upacara Penurunan bendera secara virtual.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *