Penyerahan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) dan Bosda di SMP Negeri 1 Pagak

Spread the love

Apa itu Program Indonesia Pintar (PIP) ?

Program Indonesia Pintar merupakan bantuan berupa uang tunai, perluasan akses, dan kesempatan belajar dari pemerintah yang diberikan kepada peserta didik dan mahasiswa yang berasal dari keluarga miskin atau rentan miskin untuk membiayai pendidikan melalui Kartu Indonesia Pintar (KIP).

Tujuan PIP Menurut Kemendikbud

PIP dirancang untuk membantu anak-anak usia sekolah dari keluarga miskin/rentan miskin/prioritas tetap mendapatkan layanan pendidikan sampai tamat pendidikan menengah, baik melalui jalur pendidikan formal (mulai SD/MI hingga anak Lulus SMA/SMK/MA) maupun pendidikan non formal (Paket A hingga Paket C serta kursus terstandar). Melalui program ini pemerintah berupaya mencegah peserta didik dari kemungkinan putus sekolah, dan diharapkan dapat menarik siswa putus sekolah agar kembali melanjutkan pendidikannya. PIP juga diharapkan dapat meringankan biaya personal pendidikan peserta didik, baik biaya langsung maupun tidak langsung.

Pelaksanaan Penyerahan Bantuan Program Indonesia Pintar (PIP) di SMPN 1 Pagak

Pada Hari Senin, 1 Maret 2021 SMP Negeri 1 Pagak mengadakan acara penyerahan bantuan PIP kepada siswa dan wali murid SMP Negeri 1 Pagak mulai pukul 90.00 WIB – 10.30 WIB. Di musim pandemi covid-19 seperti sekarang ini, SMP Negeri 1 Pagak tetap mengundang tamu undangan, yaitu siswa yang didampingi oleh wali murid dengan menerapkan protocol kesehatan. Sebelum memasuki lingkungan sekolah, siswa dan wali murid akan dicek suhu badan menggunakan thermogun oleh petugas SATGAS Covid-19 SMPN 1 Pagak. Tidak lupa tamu undangan wajib memakai masker, kemudian mencuCi tangan sebelum memasuki ruangan dan tetap menjaga jarak agar tidak berkerumun, baik di luar ruangan maupun di dalam ruangan.

Kepala Sekolah, waka, komite sekolah, dan wali murid mengikuti kegiatan penyerahan bantuan PIP di SMPN 1 Pagak.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala SMPN 1 Pagak, waka, komite sekolah, dan wali murid SMPN 1 Pagak. Kegiatan penyerahan bantuan PIP dilaksanakan setiap tahun. Daftar penerima bantuan PIP setiap tahun tidak sama, yaitu bergilir dan bergantian agar merata pada siswa yang membutuhkan. Sekolah megajukan semua nama dan data siswa, kemudian dipilih langsung oleh pemerintah pusat, bukan sekolah. Hal ini bertujuan agar bantuan tepat sasaran. Adapun juknis (petunjuk teknis) dari penyerahan PIP adalah melalui rekening Bank JATIM atas nama siswa yang akan memperoleh bantuan.

Kepala SMPN 1 Pagak menyerahkan bantuan kepada siswa.
Siswa SMPN 1 Pagak mendapatkan bantuan PIP dan BOSDA didampingi kepala sekolah dan waka.

Ada beberapa jenis beasiswa yang disalurkan oleh SMPN 1 Pagak, antara lain:

  1. PIP Reguler, yaitu bantuan ini sudah terdaftar di DAPODIK setiap tahun. Jadi yang mendapatkan bantuan adalah siswa kelas 8 baru, 9 baru dan siswa kelas 9 yang baru saja lulus, karena bantuan ini terdaftar tahun sebelumnya dan disalurkan pada tahun berikutnya.
  2. BOSDAKIN, yaitu berupa uang tunai sebesar Rp 500.000,- dan diberikan kepada 10 siswa.
  3. Bantuan berupa tas sekolah dari BOSDA, yaitu diberikan langsung kepada 40 siswa yang dilaksanakan pada Hari Jumat, 26 Februari 2021.
  4. PIP Aspirasi, yaitu berasal dari data sekolah yang diajukan kepada DPR RI Bapak Basarah melalui Anggota DPRD Kabupaten Malang Ibu Hj. Sumai dari Fraksi PDIP. Bantuan ini diberikan langsung kepada 30 siswa berupa uang Tunai sebesar  Rp 750.000,-.

Adanya bantuan/beasiswa seperti PIP, diharapkan dapat meningkatkan motivasi siswa untuk belajar. Selain itu juga untuk membantu proses belajar mengajar (PBM) operasional di kelas dan juga dapat mengurangi beban orang tua/wali murid untuk membiayai sekolah putra-putrinya. Para siswa yang mendapat bantuan ini dapat menggunakan dana tersebut untuk membeli perlengkapan sekolah, uang saku, biaya transportasi dan biaya personal pendidikan lainnya.

Untuk mengetahui informasi lain/juknis PIP dari Kemendikbud dapat di akses di sini:

https://pip.kemdikbud.go.id/home

https://indonesiapintar.kemdikbud.go.id/

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *