GEMURUH PENDAFTARAN PPPK

Spread the love

Awal tahun baru 2021 diramaikan dengan kemunculan berita bahwa PNS pada tahun ini Kembali ditiadakan dan diganti dengan PPPK. Beberapa masyarakat masih banyak yang menyalah artikan PPPK sebagai PNS. Padahal praktik dari kedua pekerjaan ini cukup berbeda. PPPK merupakan kepanjangan dari Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, yaitu warga Indonesia yang memenuhi syarat tertentu, diangkat sebagai pekerja dalam perjanjian dan waktu tertentu untuk melaksanakan tugas pemerintahan.

Berdasarkan  Undang-undang (UU) Nomor 5 Tahun 2014 tentang Aparatur Sipil Negara (ASN), peraturan pemerintah (PP) Nomor 49 Tahun 2018 tentang Managemen Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja, pasal 6 menyebutkan Pegawai ASN terdiri atas PNS, PPPK. Hal tersebut menjelaskan bahwa PNS bukan PPPK, PPPK bukan PNS. Selain hal tersebut masih banyak perbedaan antara PPPK dan PNS baik berupa gaji, fasilitas, ataupun tunjangan. Namun tetap saja kabar pendaftaran PPPK ini mengundang banyak komentar dadi berbagai kalangan baik negatif maupun positif. Dibukanya lowongan PPPK ini menjadi angin segar bagi peserta yang tidak lolos seleksi CPNS 2018, tetapi juga menjadi kabar yang kurang menggembirakan untuk beberapa peserta fress graduate, karena terhalang dengan beberapa persyaratan.

The East theeast.co.id

Warga SMPN 1 PAGAK juga ikut meramaikan adanya pendaftaran PPPK. Beberapa GTT di SMPN 1 PAGAK antusias mengikuti perkembangan berita pendaftaran PPPK pada tahun ini. Adapun jadwal dan syarat-syarat pendaftaran seleksi guru PPPK tahun 2021 dikutip dari http://bit.ly/JADWAL-PENDAFTARAN-PPPK-2021 , Jumat (8/1/2021):

JADWAL PENDAFTARAN SELEKSI GURU PPPK TAHUN 2021

  1. Januari              : pendaftaran
  2. Februari            : materi pembelajaran dapat diakses
  3. Mei                     : ujian seleksi untuk guru TK, SD, SMP, SLB
  4. Juni                     : ujian seleksi untuk guru SMA, SMK
  5. September       : ujian seleksi kesempatan kedua
  6. Desember         : ujian seleksi kesempatan ketiga

PERSYARATAN PENDAFTARAN GURU PPPK TAHUN 2021

  1. Telah mengajar minimal 2 tahun, dan terdata di Dapodik.
  2. Usia 20-59 tahun
  3. Tidak mengajar, tetapi telah lulus PPG dibuktikan dengan Sertifikat Pendidik.
  4. Honorer K-II (yang telah lama mengajar, usia >35th)
  5. Seleksi PPPK akan diadakan 3x berturut-turut (2021,2022,2023) dan penempatan sesuai kuota formasi  yang tersedia. Apabila gagal 3x berturut-turut masih bisa ikut seleksi, tetapi mendapat penempatan di daerah kecil (3T).
  6. Mengikuti tes SKB dan tes wawancara tertulis
  7. ASN PPPK akan dikontrak selama 2 tahun, maksimal 5 tahun, dan dapat diperpanjang sesuai dengan kebutuhan pegawai dan instansi.
jogja.tribunnews.com

Tujuan dari diselenggaran PPPK tahun 2021 ini untuk menyelesaikan tenaga honorer guru yang jumlahnya semakin banyak. Hal ini merupakan penyelesaian jangka pendek, kata Pelaksana tugal (Plt) Deputi bidang SDM Aparatur Kementerian PAN-RB Teguh Widjinarko, kepada Kompas.com, Selasa (5/1/2021).

Penerimaan formasi guru PPPK merupakan hasil kesepakatan antara Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Menteri PAN-RB, Menteri Keuangan, Menteri Dalam Negeri (Mendagri), dan Badan Kepegawaian Negara (BKN). Penerimaan formasi guru jalur PPPK tidak berlangsung lama, sehingga tidak menutup kemungkinan akan tetap dibuka formasi guru CPNS. Oleh sebab itu untuk yang belum mendapat kesempatan mengikuti PPPK tidak berlu berkecil hati, tetap semangat dan selalu berusaha untuk menjadi guru yang baik guna mencerdaskan anak bangsa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *